Senin, 14 Desember 2009

Kumpulan resep untuk baby

aku punya kumpulan resep buat baby dan udah dicoba ...... ayo yang mau copas silahkan .... yummyyyyy lho....

PUREE PISANG

Nutrisi Utama: Protein, Karbohidrat, Zat besi, Potasium & Calcium

Bahan: 1 buah pisang matang*
Optional:
Yogurt**
Tepung Cereal*** (Tepung beras, tepung gandum, oatmeal, dll.)

Cara Membuat:

1. Haluskan pisang dengan bahan-bahan tambahan yang diinginkan.
2. Sajikan, dinginkan atau bekukan.
*Pisang yang sangat matang lebih baik untuk sistem pencernaan bayi.
**Yogurt membantu keseimbangan sistem pencernaan bayi, berikan setelah anak berusia 9 bln.
*** Tepung cereal adalah sumber zat besi, kalsium, vitamin dan mineral.


PUDING ROTI APEL
Nutrisi Utama: Serat, Vitamin C

Bahan :

1 buah apel merah, cuci bersih
75 gr (1/2 lembar) roti tawar, buang pinggirnya, potong kecil
50 ml susu formula

Cara membuat :

1. Apel dicuci bersih, kupas, Luang bagian tengahnya. Belah menajdi 4 bagian. Kukus selama 5-10 menit atau sampai lunak. Angkat.
2. Setelah dingin, masukkan daging apel kedalam blender dan haluskan sampai menjadi puree
3. Masukkan roti dan ASI/susu formula. Blender sampai halus.
Variasi penyajian: Puree Apel dan Puree Roti disajikan terpisah.

PISANG DAN OATMEAL

Nutrisi Utama: Protein, Karbohidrat, Zat besi, Potasium & Calcium

Bahan:

1 buah Pisang
1/4 cangkir Havermuth atau Quick Oats
3/4 cangkir air
2 sdm ASI atau susu formula bubuk

Cara membuat:

1. Campurkan havermuth dengan ½ cangkir air. Masak dalam panci kecil sampai mendidih, kecilkan api, aduk dan masak dengan api kecil selama 5 menit.
2. Matikan kompor, dinginkan.
3. Haluskan pisang dengan ASI/susu bubuk, masukkan adonan havermuth. Haluskan.
4. Sajikan segera, atau dinginkan atau bekukan terlebih dahulu.

NASI BUAH-BUAHAN

Nutrisi Utama: Potasium, Vitamin C & B Complex, Serat

Bahan:

2 buah apel merah
2 buah pisang, kupas dan iris
¼ cangkir nasi beras merah

Cara Membuat:

1. Apel dikupas, buang bagian tengahnya lalu cuci sampai bersih.
2. Kukus atau rebus sampai lembek.
3. Haluskan dengan blender bersama bahan-bahan lainnya.


NASI TIM WORTEL

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Karbohidrat, Vitamin A, Potassium

Bahan:

5 sm beras merah/putih
6 bh wortel
3 cangkir air

Cara Membuat:

1. Wortel dikupas dan dibersihkan. Cincang halus.
2. Beras dicuci.
3. Masukkan beras dalam air mendidih, masak hingga 20 menit sambil terus diaduk.
4. Tambahkan wortel.
5. Masak lagi selama 10-20 menit. Angkat.
6. Jika kurang encer, tambahkan air/susu formula/ASI.
7. Dapat disajikan langsung atau dihaluskan terlebih dahulu dengan saringan kawat untuk anak 8 bulan.


MAKARONI/MI + SAYUR

Kategori: Sayuran; Usia 8 bln+

Nutrisi Utama: Vitamin A & C, Karbohidrat

Bahan:

1 genggam buncis, cuci bersih, potong ujungnya, buang serat di pinggirannya, potong-potong
½ cangkir wortel mini yang sudah dikupas
½ cangkir kacang polong
1 buah zucchini ukuran sedang, buang bijinya lalu potong-potong
1 cangkir macaroni/mi

Cara Membuat:

1. Kukus buncis dan wortel selama 5 menit.
2. Tambahkan kacang polong dan zucchini.
3. Kukus sampai semua bahan lunak.
4. Rebus macaroni/mi sampai lunak.
5. Haluskan/cincang semua bahan, tambahkan air sisa mengukus untuk mengencerkan.

KENTANG KEJU PANGGANG

Kategori: Sayuran; Usia 9 bln+

Bahan:

1 buah kentang, cuci dan sikat kulitnya sampai bersih
1 kuning telur
2 sdm keju parut
2 sdm air

Cara Membuat:

1. Panggang kentang sampai lunak (kira-kira 1 jam).
2. Dinginkan.
3. Ambil daging kentang, lalu haluskan.
4. Campurkan kuning telor, keju dan air.
5. Tuang pada wadah kecil yang tahan panas, lalu panggang sampai matang selama 15 menit.


SUP KRIM AYAM DAN KENTANG

Kategori: Sumber Protein; Sayuran; Usia 7 bln+

Bahan:

1/3 cangkir daging ayam tanpa tulang dan kulit yang sudah matang (dikukus/rebus) dan dipotong dadu
1/4 cangkir kentang rebus/kukus, potong dadu
1 sdm keju cheddar parut
1/4 cangkir air matang.
ASI/susu formula (susu segar atau UHT untuk anak di atas 12 bulan)

Optional:

2 sdt margarine/mentega/unsalted butter
Cereal/tepung sereal bayi

Cara Membuat:

1. Masak daging ayam, kentang, dan air di atas api kecil selama 10 menit.
2. Masukkan keju dan sereal, aduk sampai matang.
3. Haluskan dalam blender, campurkan dengan ASI/susu formula hingga kekentalan yang diinginkan. Berikan keju bila anak sudah mencapai usia 9 bulan+

BUBUR AYAM

Kategori: Sumber Protein; Cereal; Usia 10 bln+

Nutrisi Utama: Protein, Karbohidrat, Zat Besi & Kalsium

Bahan:

50 gr beras yang sudah direndam air
350 ml air
50 gr daging ayam cincang
1 kuning telur
3 sendok takar susu formula

Cara Membuat:

1. Campur beras dan air dalam panci. Tutup panci dan masak sampai air mendidih selama kurang lebih 15 menit. Aduk sampai menjadi matang dan lunak.
2. Masukkan ayam cincang, aduk rata sampai ayam matang.
3. Kuning telur dikocok lepas, masukkan dalam bubur, aduk rata. Bubuhi susu formula, aduk hingga rata.Angkat dan dinginkan.
4. Hidangkan secara terpisah dengan sayuran hijau yang sudah matang (misal: kacang polong)

Banana orange syrup

Bahan:

1 buah pisang raja/kepok matang pohon
1 sdt unsalted butter
Kayu manis bubuk secukupnya
50 ml air jeruk baby
1 sdm oatmeal, haluskan, ayak
1 cangkir air matang

Cara membuat:

Panaskan unsalted butter, masukkan pisang, masak kurleb 3 mnt angkat, haluskan sisihkan
Orange Syrup: (sudah diuji coba untuk saus agar2 mangganya bita)
Masak oatmeal dengan air aduk hingga matang dan masih setengah cair, angkat, masukkan air jeruk baby aduk rata.
Sajikan Pisang dengan orange syrup dan taburkan kayu manis bubuk diatasnya.

Bubur Roti Pisang Keju

1 lbr roti gandum
1 cangkir susu cair – mama pake uht plain
½ potong pisang sunpride
Keju parut secukupnya

Cara bikin:

Masak semua bahan kecuali keju parut aduk rata selama kurleb 3 menit, angkat taburkan keju parut diatasnya, siap dimakan deh

Makaroni Lapis
Bahan 1:

2 sdm makaroni rebus
1 sdm susu cair
1 butir telur ayam kocok lepas

Bahan 2:

2 sdm daging cindang rebus
2 sdm jagung yang sudah dihaluskan
2 sdm wortel parut/iris halus kotak2 (wortel bisa diganti sayuran lain sesukanya)
Bawang bombay secukupnya iris halus
2 sdm air kaldu/air matang
Margarine tawar utk menumis
Keju parut secukupnya

Cara bikin:

1.Campur semua bahan 1 sisihkan
2.Panaskan kukusan
3.Tumis bawang bombay dengan margarin tawar, masukkan jagung dan air matang aduk rata dan cepat hingga matang masukan daging cincang aduk rata angkat
4.Siapkan pinggan tahan panas, masukkan 1 sdm tumisan jagung, tutup atasnya dengan 1 sdm makaroni, ulangi untuk bahan yang tersisa kemudian taburkan keju parut diatasnya. Kukus hingga masak (kurleb 15 menit). Bisa juga dipanggang.

Banana Berry Shake – untuk si 1 thn dan lebih yah…
Bahan yang dibekukan malam sebelumnya:

1 buah pisang sunpride pilih yang matang benar
3 butir strawberry
1 cangkir susu uht plain

Cara bikin:

Campur semua bahan, blender pindahkan ke gelas baby. Sajikan.
Note: Pisang dibekukan dengan kulitnya.

Abon Sapi
Bahan:

2 sdm Daging sapi yang udah direbus dan di cincang

Bumbu halus:

2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1/2 potong kemiri

Margarin tawar untuk menumis

Cara Bikin:

Tumis bumbu halus sampe wangi, masukin daging aduk rata sampai daging kering, tiriskan, simpan dalam wadah tertutup rapat. Bisa dipake buat roti gandumnya bita atau temen nasi putihnya deh

Nasi Tim Polos cara 1

Bahan:

4 bh ceker ayam (klo bisa ayamkampung yah)
1 lbr daunbawang cuci potong tiga bagian
1 lbr daun salam
1 lbr sereh
2 sdm beras putih cuci bersih
1 ½ cangkir air

Cara membuat:

Rebus ceker ayam dengan daun bawang, daun salam dan sereh hingga air mendidih
Masukkan beras putih aduk2 supaya gak lengket hingga matang

Nasi Tim Polos cara 2

Bahan:

4 bh ceker ayam (klo bisa ayamkampung yah)
1 lbr daunbawang cuci potong tiga bagian
1 lbr daun salam
1 lbr sereh
2 sdm beras putih cuci bersih
1 ½ cangkir air

Cara membuat:

Rebus ceker ayam dengan daun bawang, daun salam dan sereh hingga air mendidih
Masukkan beras putih aduk2 supaya gak lengket hingga 1/2 matang
Panaskan kukusan
Pindahkan beras kedalam pinggan tahan panas, tambahkan air/kaldu bila perlu
Kukus hingga matang (kurleb 20 – 30 menit)
(bisa disajikan dengan sayur dan dagingnya)

Ayam rebus tutup kentang:

1 potong dada ayam tanpa tulang
1 helai daun bawang seledri cincang halus
1 lembar daun salam
250 ml air matang
1 bh kentang kukus, haluskan

Cara membuat:

Rebus air matang dengan daging ayam dan cincangan daun bawang seledri dan daun salam
Setelah ayam matang angkat, sisihkan, haluskan dengan 2 sdm kaldu ayam (sisa kaldu simpan dalam wadah tertutup rapat untuk 2 – 3 hari)
Masukan adonan ayam kedalam mangkuk bayi ratakan dipermukaan mangkuk
Tumis halusan kentang dengan 2 sdm kaldu ayam
Tutup atasnya dengan kentang yang sudah dihaluskan
Sajikan hangat

Sup Tomat

2 bh tomat, cuci, kupas, blender halus, saring (sebelum diproses tomat sebaiknya direbus/siram dengan air panas dan dikupas kulitnya) – tx to mba depe bt pencerahannya

1 cangkir air matang
2 sdm daging ayam cincang
Daun bawang cincang halus
1 sdm oatmeal halus sebagai pengental

Cara membuat:

Masak ayam dengan 1 cangkir air matang dan daun bawang cincang
Setelah ayam matang, masukkan tomat dan oatmeal aduk2 hingga matang. Sajikan
Note: Oatmeal di grinder dahulu sampai halus (kalau rajin bisa diayak sebelum dipakai)

Sup tomat Kacang merah

2 bh tomat, cuci, kupas, blender halus
1 cangkir air kaldu ayam
2 sdm daging ayam cincang
Daun bawang cincang halus
2 sdm kacang merah, rebus, haluskan, sisihkan

Cara membuat:

Masak kaldu ayam dan daging ayam cincang, setelah ayam empuk, masukkan tomat dan daun bawang cincang, aduk rata hingga matang. Setelah sup diangkat masukkan kacang merah aduk rata, sajikan hangat.

Bubur Ayam berwarna

Bahan:

1 potong dada ayam tanpa tulang
2 bh ceker ayam
2 sdm beras putih
1 sdt wortel parut/labu kuning parut/kabocha kuning parut/bayam halus
1 butir kuning telur
Daun bawang seledri, cincang halus
1 lbr daun salam
1 sdt keju parut
1 ½ cangkir air matang

Cara membuat:

Masak daging ayam, ceker ayam, daun salam, dengan air matang kurleb 5 menit, angkat daging ayam haluskan.
Masukan beras, daun bawang seledri kedalam kaldu ayam diatas aduk2 hingga ½ matang masukan kembali ayam yg sudah dihaluskan, wortel parut dan kuning telur aduk rata, masak hingga telur benar2 matang, taburkan keju parut aduk rata, angkat. Saat hendak disajikan buang ceker (cekernya dimakan emaknya aja, hehehe…).

Tim ikan Patin

Ikan patin ambil dagingnya, haluskan
2 cangkir air matang
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
Daun salam
2 sdm kacang merah, rebus, haluskan

Cara membuat:

Masak ikan patin dengan 2 cangkir air matang, masukkan semua bumbu, masak hingga matang
Setalah matang, angkat, masukkan kacang merah rebus, aduk rata. Sajikan hangat

Bubur Ikan 2

Bahan:

2 sdm beras putih
1 potong ikan patin, ambil dagingnya, haluskan
Daun bawang cincang halus
1 lbr daun salam
1 potong kecil jahe

Cara membuat:

Masak beras dengan ikan, daun bawang, daun salam dan jahe, hingga matang. Sajikan hangat
Note: Bita alergi patin, patin coba diganti yang lain dulu.

Tim ikan Gurame wortel

BAHAN:

1/2 ekor ikan gurame
1 bh wortel, parut
5 helai daun kemangi
1 sendok makan unsalted butter untuk menumis

BUMBU HALUS:

2 butir bawang merah
1 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 ruas kunyit

CARA MEMBUAT:

Tumis bumbu halus hingga harum. Angkat. Campurkan bumbu tumis bersama wortel dan daun kemangi.
Balurkan ikan dengan tumisan bumbu. Letakkan ikan dalam pinggan tahan panas. Kukus hingga matang

Tim Gurame

Bahan:

Fillet ikan gurame secukupnya
2 lbr daun pokcay, iris halus
1 siung bawang merah, iris halus
Seujung jahe, kupas, memarkan
Daun salam
100ml air matang/kaldu

Cara membuat:

Panaskan kukusan. Masukkan semua bahan kecuali daun pokcay kedalam pinggan tahan panas, kukus selama 15 menit, masukkan pokcay, masak hingga matang kurleb 5 menit, angkat.

Tumis bayam daging

Bahan:

10 lembar bayam, cincang halus
2 sdm daging rebus cincang
1 sdt bawang bombay cincang halus
Unsalted butter untuk menumis

Cara membuat:

Tumis bawang bombay hingga wangi dan layu, masukkan bayam aduk rata, tambahkan 3 sdm air matang, masukkan daging cincang, aduk rata hingga bayam lemas. Angkat. Sajikkan dengan bubur beras yang dimasak dengan kaldu daging.

Tumis toge daging (udah revisi 3 x nih..)

Bahan:

2 sdm toge, cincang halus
2 sdm daging cincang matang
Unsalted butter untuk menumis
4 sdm air matang

Bumbu halus:

2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 bh kemiri

Cara membuat:

Tumis bumbu halus, masukkan toge, tambahkan 4 sdm air matang aduk2 hingga matang.
Masukkan daging cincang, aduk rata sebentar, angkat. Sajikan hangat dengan bubur nasi.

Makaroni saring:

Cara membuat:

Rebus 2 sdm makaroni hingga matang benar, haluskan dengan sendok/blender kasar

Bayam daging keju (untuk kuah makaroni):

1 cangkir kaldu daging sapi
2 potong daging sapi rebus ukuran 4X4 cm, haluskan
Bayam secukupnya, cincang halus
1 sdt keju parut

Cara membuat:

Panaskan kaldu daging, masukkan bayam aduk hingga bayam lunak
Masukkan keju parut dan daging giling, aduk rata, angkat
Sajikan dengan makaroni saring

Makaroni saus keju:

Bahan:

2 sdm makaroni
1 ½ cangkir kaldu ayam
1 sdm keju parut
2 sdm Kabocha kuning parut
1 butir kuning telur, haluskan
Bawang bombay secukupnya, cincang halus

Cara membuat:

Masak makaroni dengan 1 cangkir kaldu ayam hingga matang, haluskan, sisihkan

Saus keju:

Tumis bawang bombay dengan 2 sdm kaldu ayam sampai layu dan wangi
Masukkan ½ cangkir kaldu ayam, kabocha kuning, dan keju, aduk rata dan masak hingga kental
Masukkan kuning telur, aduk rata, angkat
Sajikan makaroni saring dengan saus keju.

Sup Krim Makaroni

Bahan:

1 sdm makaroni
1 sdm oatmeal, grinder halus, cairkan dengan 2 sdm air matang
1 sdt wortel parut
1 sdt kentang parut
2 sdm daging ayam cincang
1 ½ cangkir air matang

Cara membuat:

Rebus makaroni dengan wortel, kentang dan daging ayam cincang hingga matang
Masukkan oatmeal cair, aduk hingga sup kental

Setup Makaroni

Bahan:

2 sdm makaroni
1 sdm mentega tawar (unsalted butter)
2 butir bawang merah iris tipis/parut
2 butir bawang putih iris tipis/parut
20 gr daging sapi cincang
100 ml kaldu sapi
2 sdm keju parut
1 sdm peterseli/seledri iris halus
2 sdm oatmeal halus dicairkan dengan 50 ml air matang (resep aslinya pake susu bubuk)

Cara membuat:

Didihkan air , rebus makaroni hingga matang dan empuk benar. Tiriskan, haluskan, sisihkan.
Panaskan unsalted buter, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging, aduk hingga matang dan berubah warna.
Tuang oatmeal cair dan kaldu, didihkan.
Masukkan makaroni, aduk rata, angkat. Tambahkan keju parut dan peterseli cincang, aduk rata.

Puree tahu sutra:

½ potong tahu sutra, kukus, haluskan/blender
Penyajian bisa dengan bubur havermut/beras merah/beras putih atau dengan saus buah2an dicampur dengan sayur2an.

Tahu ayam

Bahan:

½ potong tahu sutra haluskan dengan garpu
Daging Ayam secukupnya, haluskan
Daun bawang/bawang bombay secukupnya, cincang halus

¼ cangkir kaldu ayam

Cara membuat:

Panaskan kaldu, masukkan daun bawang, masukkan daging ayam, masak hingga ayam matang.
Kemudian masukan tahu sutra, aduk hingga tahu matang, masukkan keju parut secukupnya aduk rata.
Dapat disajikan sebagai lauk bubur beras.

Bubur tahu kabocha kuning

Bahan:

2 sdm beras merah
150 ml kaldu ayam
½ potong tahu sutra
kabocha kuning 25 gr/secukupnya (porsi bayi)

Cara membuat:

Masak beras merah dengan kaldu ayam hingga matang, sisihkan
Kukus tahu sutra
Kukus kabocha kuning
Haluskan tahu sutra kukus dengan kabocha kuning
Sajikan dengan bubur sebagai lauk

Pepes tahu telur

Bahan:

2 potong tahu sutra ukuran sedang, haluskan
1 butir kuning telur rebus

Bumbu halus:

3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
2 butir kemiri

Cara membuat:

Campur bumbu halus dangan tahu, aduk rata
Masukkan tahu ke dalam cetakan makaroni (alumunium foil bentuk mangkuk kecil), masukan kuning telur ditengahnya tutup lagi dengan adonan tahu. Kukus hingga matang (kurleb 20 menit).
Note: wadah alumunium foil bisa diganti dengan daun pisang.. (berhubung aku gak yakin bisa ngebungkus pake daun pisang dan dirumah ada cetakan ini, jadi aku pilih cetakan ini deh..hehehe)

Tahu ikan patin

Bahan:

1 potong tahu putih (+uk 4 x 9 cm)
1 potong ikan patin
Daun bawang cincang halus
Bawang bombay cincang halus
2 cangkir air matang
1 potong kecil jahe, memarkan

Cara membuat:

Rebus ikan patin, tahu , daun bawang dan bawang bombay
Setelah matang, angkat tahu dan ikan patin, haluskan, campur, aduk rata, siram dengan kuah ikan
Sajikan hangat.

• Jenis Tahu disesuaikan dengan si anak yah, soalnya bita gak suka tahu putih biasa, jadi pake tahu sutra deh..

Sup Tahu brokoli

Bahan:

2 sdm tahu putih/tahu sutra yang telah dihaluskan
3 kuntum brokoli haluskan
½ cangkir kaldu ikan

Cara membuat:

Masak tahu dan brokoli dengan kaldu ikan hingga matang, sajikan hangat.

Tahu telor

Bahan:

1 sdm labu siam parut (bisa diganti wortel, brokoli, kentang, labu kuning dll)
1 btr kuning telur (ayam kampung) matang, haluskan
1 potong tahu putih/tahu sutra (kurleb 20gr), haluskan
1 cangkir kaldu ikan/kaldu ayam/kaldu daging
Daun bawang cincang halus
1 sdt keju parut

Cara membuat:

Masak tahu dengan kaldu ikan, labu siam dan daun bawang hingga matang
Angkat dan campurkan dengan kuning telur dan keju parut aduk rata. Sajikan.

Tahu kukus wortel

• Bahan:

1 potong tahu sutra
2 sdm wortel parut
2 sdm daging giling
2 buah tomat hijau kupas potong kecil
3 helai daun kemangi
1 lbr daun salam
1 btr kuning telur

• Bumbu halus:

2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 btr kemiri
1 cm kunyit, kupas

Cara membuat :

Cuci tahu, haluskan, tambahkan wortel, daging giling, telur dan bumbu halus, aduk rata.
Letakkan daun kemangi, daun salam, tomat hijau, dan adonan tahu dalam pinggan tahan panas.
Panaskan kukusan, masukkan adonan tahu, masak hingga matang.

Puree Tempe

1 potong tempe ukuran sedang (kurleb 20gr kira2 aja yah..gak ngerti ukuran nih)
1 lbr daun salam
1 batang serai, simpulkan
½ cangkir air matang
1 bh ceker ayam

Cara membuat:

Rebus ceker ayam dengan daun dalam dan serai hingga mendidih, masukan tempe masak hingga matang, haluskan tempe dengan air rebusan secukupnya

Sajikan sebagai pelengkap/lauk nasi tim

Kentang brokoli saus wortel

Bahan:

1 bh kentang, kupas
3 kuntum brokoli cincang kasar
½ potong wortel, kukus haluskan
125 ml kaldu ayam

Cara membuat:

Rebus kentang dan brokoli dengan kaldu ayam, haluskan
Blender wortel yang sudah dikukus campur dengan air matang secukupnya
Masukkan kentang brokoli kedalam mangkuk bayi, siram saus wortel diatasnya

Sup Krim Kentang

Bahan:

1 buah kentang, kukus, haluskan dng blender
1 sdm kabocha parut
½ potong bawang putih cincang halus
Bawang bombay secukupnya cincang halus

1 cangkir air
1 sdt keju parut
1 sdm oatmeal halus
Daging cincang

Cara membuat:

Rebus daging hingga air mendidih, masukkan bawang putih, bawang bombay, daun bawang dan kabocha, masak hingga matang.
Masukkan oatmeal halus dan keju parut, aduk rata hingga kental.
Masukan kentang halus, aduk rata angkat, sajikan hangat.

Puree kuning telur

Bahan:

1 butir kuning telur ayam kampung
1 sdt keju parut
2 sdm air/kaldu/asip

Cara menyajikan:

Campur semua bahan aduk rata, sajikan.

Sup telur:

Bahan:

¼ potong wortel ukuran sedang, parut halus
½ potong kentang, parut halus
Bayam secukupnya, cincang halus
Daun bawang secukupnya cincang halus
1 butir kuning telur matang, haluskan
1 cangkir kaldu ayam/daging

Cara membuat:

Panaskan kaldu ayam, masukan daun bawang, wortel dan kentang
Setelah wortel dan kentang lunak, masukkan bayam
Masukkan kuning telur dan keju parut aduk hingga rata, setelah semua bahan matang angkat.
Sajikan sebagi lauk bubur nasi

Sup Krim Jagung

BAHAN :

2 sdm daging ayam/sapi cincang
1 sendok makan tepung oatmeal, cairkan dengan 3sdm air matang
100 ml kaldu ayam
secuil pala bubuk
2 sdm jagung manis parut, haluskan
1 sdt keju parut

CARA MEMBUAT :

• Rebus kaldu ayam dengan daging cincang sampai matang
• Masukkan jagung aduk2 hingga matang
• Masukkan oatmeal cair dan keju parut aduk hingga sup kental dan matang, angkat, sajikan

Sup tomat ubi merah

Bahan:

2 bh tomat ukuran sedang
2 sdm ubi merah parut (dari ½ potong ubi merah)
2 lbr Sawi putih, cincang halus
1 sdt keju parut (optional)
2 ceker ayam
1 cangkir air matang

Cara membuat:

Panaskan air dan ceker ayam hingga mendidih
Masukkan ubi merah, masak hingga empuk, masukkan tomat dan sawi putih aduk rata, masak hingga matang.
Taburkan keju parut diatasnya, sajikan.

Sup Kacang Merah (a recipe from Nirul)

2 sdm kacang merah rebus, haluskan
¼ cangkir kuah kaldu. dari tulang ayam kampung yg direbus dengan tomat dan wortel, beri seledri cincang secukupnya, sajikan hangat.
Tumis Labu siam kacang merah

Bahan:

2 sdm labu siam parut
2 sdm kacang merah rebus, haluskan
4 sdm air kaldu ayam
Bawang bombay cincang halus

Cara membuat:

Tumis bawang bombay dengan air kaldu ayam hingga layu dan wangi, masukkan labu siam parut masak hingga matang, masukkan kacang merah halus, aduk rata angkat

Bakso oatmeal

Bahan:

2 sdm Ikan tuna cincang halus
2 potong tahu sutra
3 sdm tepung oatmeal a.k.a oatmeal yang digrinder halus

bumbu halus:

2 atau 3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1/2 potong kemiri

Kuah:

2 cangkir kaldu ayam
1/2 potong tomat, kupas, buang bijinyam potong2 kecil
1 lbr daun salam
Daun bawang secukupnya cincang halus
serai 1 batang simpulkan

Cara membuat:

Campur semua bahan kecuali bahan kuah tentunya, trus dibulatkan pake sendok, rebus sampe matang (ngambang klo udah mateng), tiriskan. Kuahnya: rebus semua bahan sampe mendidih, masukin bakso rebus sampe matang, angkat sajikan, hangat. Teksturnya dijamin lembut gak bikin keselek dan gampang dipotong.

Agar apel

Bahan:

1 bh apel red delicious kupas potong empat kukus
1 sdt agar swallow putih

saus:

1 bh jeruk baby ambil airnya

Cara membuat:

Potong apel kukus menjadi kubus kecil susun dalam cetakan agar. Masak agar dengan 200 ml air matang hingga matang, angkat tuang ke dalam potongan apel. Diamkan hingga mendingin dan beku. Sajikan dengan kuah jeruk baby

2 komentar:

  1. waahhh..kalo aku masih punya baby enak deh..so gak usah pusing2 mo bikin apa buat si baby...

    BalasHapus
  2. tambahin donk resepku mbakkk...sapa tauu jadi tambah banyak menu makannya si farrell hehehehe maklum doyan makan bgt dia....

    BalasHapus